Popular Post

Posted by : Unknown Tuesday, July 1, 2014



Civilization V ini bener2 bikin addict, mungkin seminggu ini bakal maen full ga perduliin kuliah.. hehe. Bercanda deng, ga mungkin lah begitu. OK, gw kemaren maen pake Harun al-Rashid dan sejauh ini pake difficulty Prince (normal) dan gw sih ga ngeliat AInya terlalu agresif.

Perbedaan mencolok dari Civ 4
  • Ga bisa lagi kita tukar menukar teknologi dengan negara lain, tapi bisanya melakukan Riset Bersama dimana tiap negara bayar 250 gold dan setelah sekian turn kedua negara dapet teknologi baru secara random.
  • Ada City-State yang notabene mirip negara musuh tapi cuman satu kota aja. Sejauh ini kalo kita temenan ama dia enak, bisa dikasih Luxury ato Unit 
  • Udah ga bisa lagi stacking army.. ini yang paling susah karena sekarang punya banyak worker jg kadang sia2 karena mesti kerja di tile yang berbeda
  • Kalo mo nyerang2 negara laen dan mo keep kotanya, siap2 plan jauh2 hari dengan Social Policy yang bikin happy para penduduk. Sekarang manage lebih dari 6 kota aja udah lumayan susah karena bikin kita unhappy terus.. 
  • AI pemimpin negara lawan kadang nyebelin dan suka ngelupain hubungan baik yang udah terjaga. Sejauh ini menang paling gampang emang pake Domination.
  • Culture hanya buat ngeluasin border negara kita, ga tau lagi bisa convert negara musuh pake culture ato ga. Kalo science jg sekarang kalo mau penduduknya jadi scientist harus bikin library dulu.
  • Udah ga bisa lagi gonta ganti item yang dibangun dengan produksi tinggal ngelanjutin yang sebelumnya. Terus ga bisa juga cepet2 selesain dengan uang, adanya beli unit dari awal langsung selesai pake uang. Kayanya ini untuk menghindari exploit2 dari player.. 
  • Advisor kita bener2 bagus dalam nasehatin kita, bikin kota dimana juga dibantuin pake hintnya. Biarpun ga selalu bener, tapi biasanya bener kok.
  • Ranged attack bener2 bikin perang jadi taktis karena Archer lo kalo sampe bisa didatengin ama melee dan diajak berantem melee pasti langsung mati. Jadi mesti dilindungin gitu. Kalo kota juga sekarang bisa punya defense sendiri, bisa ranged attack ke unit lawan.
  • EDITED: Kalo maen yang ori, savenya bisa di Steam Cloud via internet, jadi bisa maen dari berbagai komputer dengan file yang sama.
  • religi diganti ama Social Policy. Ini ada 8 kebijakan yang masing2 punya sub-kebijakan lagi.. Jadi kaya ada Communism dulu itu diganti ama Order.. dsb. Terus ada Policy yang ga bisa jalan berbarengan. Pokoknya intinya sekarang Happiness penting banget deh. Gampang banget unhappy sekarang tuh.
  • Kalo defend kota, kita mesti sebar unit di sekeliling kota tersebut. Udah ga kaya dulu taro stack di dalem kota. Kalo Garrison di dalem malah ga guna cuma nambah poin defense dikit aja. Jadi ga boleh ada ceritanya musuh udah taro kota kita "Under siege" karena kalo udah kaya gitu 2 turn juga jatoh. Jadi sekarang perangnya mesti kudu hati2 naro unitnya.. karena ga bisa ngestack juga. Tapi kalo dua unit sama2 punya movement bisa auto swap gitu
  • Nanti tiap unit kalo kita udah research Embark, bisa langsung ke laut ga numpang di kapal. Kalo baru punya yang kapal kecil (Trireme) ya cuman bisa laut dangkal aja. Tapi kalo udah riset yang Navigation, semua unit kita bisa ke laut kaya Settler, Worker dan semua army dan General kita. Kita tetp butuh kapal buat ngelindungin mereka karena bisa2 mereka diserang dan kalo unit2 itu ga punya Defense kalo di laut.
  • Live actionnya sekarang banyak. karena 1 unit per tile (upt) jadinya kita ati2 banget mo nembak pake ranged ato mo nempation unit2.. itu ranged harus murni di lindungin ama melee

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 All About civilization V - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -