Popular Post

Posted by : Unknown Tuesday, July 1, 2014

Review Civilization V
Review Civilization V



Sumber : Kaskus
Well, gue maen Civilization series dari yang masih versi DOS, jadi gue pikir gue cukup tahu inti permainan civilization ini. Pada awalnya sih game ini tidak akan begitu menarik buat kebanyakan orang, karena intinya adalah building your civilization, and this wasn't a war game at the beginning. Gue pikir Sid Meier membuat game ini sebagai game yang edukatif [teaching human history] alih-alih game perang yang mengutamakan action.

Nah dari segi itu, game CIV V ini, menurut gue gagal. Gue ngeliat CIV V ini lebih mengutamakan development di sisi perangnya, karena keliatan sih sejak CIV III dan CIV IV memang penggemarnya menuntut ke arah sana. Jadi makin mirip sama AOE, bedanya cuman yang satu turn based yang satunya lagi RTS.

Padahal buat gue pribadi, salah satu kesenangan bermain CIV ya building large empire dengan keunggulan riset sains yang bisa kita atur lewat slider dan hanya berperang seperlunya saja. Space race is my favorite way to win because I also have a special place for Sid Meier's Alpha Centauri.

Tapi di CIV V ini, eksplorasi, dan lantas itu berarti gold yang didapatkan dari Barbarian menjadi semakin krusial karena tidak adanya slider sains/gold.

Selain hal utama di atas, gue ngeliat kok game ini banyak banget bug-nya ya? Kaya maksa gitu buat launchingnya.

Grafisnya sih top abis, artwork-nya juga, tapi entah kenapa kesenangan bermain seperti yang didapatkan dari CIV sebelum2nya agak berkurang buat gue. Mungkin karena gue belum dapet aja soal game mechanics-nya.

Oh ya, range units modification is a nice one, tapi gue ga habis pikir kalau arrow yang range unit tetap bisa nembak lebih jauh dari tank [beda satu hex tiles]. Buat gue itu cacat yang lumayan besar sih dan agak konyol dari segi logika.

Gue sebenernya dari dulu berharap bahwa sistem area yang dipakai oleh CIV ini ada perubahan mendasar, sehingga perbatasan negara tidak tergantung dari cultural border saja, dan movement unit juga jadi lebih realistis [jadi dari segi skala dengan bumi yang sebenarnya lebih masuk akal gitu].

Jadi ya, gue masih nunggu aja deh gimana perkembangan selanjutnya, tapi sejauh ini... gue masih balik maen CIV IV lagi.

Pas SC2 keluar baru2 ini, kalo maen lupa waktu sementara CIV V, maen sehari gue tinggalin, nunggu nanti kalo iseng aja.

ADDED FROM SECOND POST:
kenapa gak fitur-fitur CIV yang oke banget dipertahankan, seperti misalnya:

- Research yang bisa kita atur [finding new technology is fun, apalagi sekarang ada wikipedia, kita bisa sambil bandingin ama fakta aslinya, misalnya chu-ko-nu, unit crossbow spesial China, di civilopedia dibilang kalo senjata ini diklaim ditemukan oleh Zhuge Liang dan itu arguable, padahal sebenarnya penjelasannya adalah bahwa senjata ini kan disempurnakan oleh Zhuge Liang dan secara etimologis, Chu-Ko-Nu yang secara harafiah berarti crossbow-nya Chu-Ko [Chu-Ke], lafal lain dari Zhuge]

- Gue suka ide CIV V soal joint research, itu logis banget daripada barter teknologi kaya di CIV2 sebelumnya

- Stack worker harus bisa, tapi mungkin untuk tiap improvement harus ada minimal turn-nya, itu menambah varian dalam elemen strategi building order kita

- Terrain Improvement yang variatif dari CIV IV juga sangat menarik

- Espionage, this is a must dan justru harus diimprove

- Space Race juga harus dipertahankan

- Perbaiki lagi kategori natural resources dan limitation-nya, contoh: kalo kita mau jujur sekarang ini kan domesticated animal farm itu sudah di mana-mana dan dimungkinkan karena teknologi, tapi sebenernya kan tiap hewan ternak seperti sapi, babi, kambing/domba, dan kuda itu kan punya tempat habitat asli pada awalnya. Jadi pada tahun2 BC misalnya, memang mempunyai resource2 ini akan sangat menguntungkan tapi pada era-era selanjutnya, resource2 seperti kuda ini harusnya bisa dibuat/jadi improvement di terrain/wilayah yang kita miliki, contohnya kuda, kuda itu kan kalo kita maen di map EARTH yang realistis harusnya tidak muncul di benua Amerika karena memang gak pernah ada, kuda itu binatang impor yang pertama kali ya dibawa oleh Christopher Colombus buat benua Amerika, tapi kan kita semua tahu gimana pasukan kavaleri dan koboi menunjukkan betapa pentingnya peranan kuda buat perkembangan peradaban Amerika.

- Leader, nah ini sebenarnya masih bisa diutak-atik, sebenernya leader ini gak usah ada aja atau lebih tepat kalau muncul dalam bentuk GREAT PERSON [kaya di CIV IV], yang bisa influence macem2, baik CIVIC, building Wonders, Science, Cultural, ataupun Trade. Sementara keunggulan masing-masing civilization yang pre-determined itu seharusnya bisa jadi variabel penting dalam penempatan mereka di generated map. Bayangin, kalau civilization yang punya teknologi fishing, tiba2 di generated map mereka ditempatkan di area yang jauh dari laut dan dekat dengan resource hewan liar [deer/rusa], kan ga lucu banget.

Padahal gue nunggunya udah gregetan banget... lebih nunggu dari SC2. Tapi performa-nya kalah jauh dari SC2 sih IMO.

Sebenernya gue pengen liat perpaduan antara HOMM [Heros of Might and Magic] dan CIV ini...

Jadi area suatu negara tidak lagi ditentukan oleh cultural bordernya, ya mekanisme persisnya gimana belum kepikiran ama gue cuman dibuat seperti realita saja. Sementara untuk resource gathering-nya/development kota tetep pake radius tertentu/sistem CIV lama. Dan untuk perangnya diambil sistem-nya HOMM, pake battle mode... seperti game DOS dulu namanya Art of War... huehuehu jadul banget yak. Kalo ini bisa diwujudkan, wih pasti lebih addict lagi deh.

Gue ngeliatnya franchise CIV ini jadi berubah ya sejak keluarnya RTS, banyak gamer yang memang minta skenario-skenario tertentu dan itu yang mendorong perubahan CIV menjadi lebih war strategy oriented. Padahal harusnya itu diserahin ama fans-fans yang suka modding aja... Firaxis harus tetep menjaga inti dari game ini, seperti yang lo bilang BUILDING AN EMPIRE, A CIVILIZATION THAT STANDS THE TEST OF TIME. Jadi salah satu yang gue sayangin di CIV V ini juga, gak ada MAP EARTH yang asli... itu salah satu fitur yang selalu gue maenin kalo maen CIV, dan sayangnya gue gak nemu di CIV V ini [atau gue yang salah nyari mungkin, perlu pencerahan deh gue]



Mainstream Media
91 Metacritic score

IGN: 9.0
10 Presentation
Civilization looks fantastic, has great menus that are easy to navigate, and has some of the most user-friendly U.I. I’ve played.
9.0 Graphics
Civ V looks great. The new engine adds a lot of detail, but can be a resource hog on your machine if you're playing a huge game.
8.5 Sound
The music and voice acting in Civ V are still good, but they don't have the epic feel that IV had, especially now that Leonard Nimoy isn't delivering the lines.
9.0 Gameplay
Overly aggressive A.I. is really kind of annoying, and makes a non-military victory exceedingly difficult in longer games. That being said, the game is still as addictive as ever.
9.5 Lasting Appeal
If you like what Civ V has to offer then you’ll likely lose countless hours of your life to it. Integrated mod support will also extend the game's life considerably.
9.0 Overall

Impulse Gamer 85
Ultimately it's a very enjoyable game. If you've never played Civ before, go for it. If you loved Civ 4, there will be things in Civ that will impress, but a few dumbed-down changes that may annoy. But hey, that's why God invented Updates.

WIRED Magazine 80
WIRED Deep and complex gameplay; multiple ways to win provides good replay value; more accessible than previous Civilization games.

TIRED Appeal is limited to patient gamers.

1UP C
Unfortunately, it also features some questionable design decisions, an A.I. that can't play the game Firaxis has designed, and the need for a couple of patches.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 All About civilization V - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -